STOP MULAI DARI SEKARANG...!!! 5 KESALAHAN FATAL YANG BIASA DILAKUKAN SAAT MANDI



Dalam sehari manusia diwajibkan mandi dua kali dalam sehari. Mandi tidak hanya membersihkan kuman yang melekat di tubuh tetapi juga bermanfaat meningkatkan sistem daya tahan tubuh Anda, memperlancar aliran darah dan menyegarkan jiwa kita.

Selain itu, ternyata orang yang selalu mandi pagi akan lebih sehat dari pada mereka yang jarang mandi pagi.

Tetapi terkadang Anda tidak mengetahui bahwa ada beberapa hal yang Anda lakukan waktu mandi kurang tepat apabila dilakukan.

Berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan orang ketika mandi.

1. Anda menggosok tubuh terlalu sering

“Kecuali tubuh Anda tertutup kotoran (bekerja diluar sepanjang hari), satu-satunya tempat yang perlu terkena sabun yaitu ketiak dan selangkangan Anda. Air melakukan pekerjaan untuk segala sesuatu yang lain bahkan sesudah berolahraga berat, ” kata pendiri Digestive Center for Women in Chevy Chase, Maryland, Robynne Chutkan, MD, seperti dilansir laman Health, Selasa (2/2).

Selain itu minyak alami kulit Anda juga mempunyai bakteri baik yang penting untuk kesehatan kulit.

2. Anda tidak sedang membersihkan pisau cukur Anda

“Pisau cukur dapat mengumpulkan bakteri dari kulit Anda dan kemudian kuman berkembang biak di kamar mandi. Itu sebabnya Anda harus membilasnya dengan air panas sebelum dan setelah pemakaian, ” kata Sanford Vieder, MD, dari Lakes Urgent Care in Michigan.

Melewatkan langkah ini dapat membuat Anda berisiko infeksi, terutama jika Anda melukai sendiri.

Anda harus mengganti pisau cukur Anda sekali seminggu

3. Anda tidak menggunakan alas kaki saat berada dipemandian umum
Memakai sepatu mandi atau sandal jepit ketika Anda berada dan keluar dari kamar mandi membantu menghindari kaki Anda terkena penyakit kulit seperti kutil.

4. Air terlalu panas
“Jika ada ton dan ton uap yang keluar, maka itu tanda bahwa Anda mandi terlalu panas," kata dermatologi, Dr. Melissa Piliang, MD."
Dr. Piliang memperingatkan bahwa panas bisa menyebabkan eksim.
Untuk mendapatkan efek menenangkan yang sama, Dr. Piliang merekomendasikan bahwa membiarkan uap membangun sebelum Anda melangkah di bawah air.


5. Anda menggunakan sabun yang keras
Anda mungkin menyukai perasaan bersih yang berasal dari sabun kulit Anda, tetapi sabun dengan agen antibakteri atau deterjen keras bisa lebih berbahaya untuk kulit Anda.
“Sensasi bersih terjadi ketika semua minyak alami telah dilucuti dari kulit. Sebaliknya, ketika minyak kulit keluar, mereka bertindak sebagai pelumas sehingga tangan Anda akan meluncur mulus di atas kulit," kata Dr Piliang.

Terlebih lagi, triclosan, bahan antibakteri yang digunakan di beberapa sabun telah dikaitkan dengan masalah kesehatan yang lebih serius


sumber : sehat-barokah.com

Artikel Berbagi Berita terbaru Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top