HATI-HATI!!! AIR MINUM ISI ULANG RENTAN TERHADAP PENCEMARAN BAKTERI, BERIKUT TIPS CARA MENGHINDARINYA!!!



Salah satu hal yang paling praktis yaitu mengkonsumsi air minum yang dikenal dengan istilah kemasan galon untuk memenuhi keperluan air minum sehari-hari. Anda bisa dengan mudah membeli kemasan air galon ini dimana saja, baik toko besar maupun toko kecil dengan berbagai jenis merk nya.

Kebanyakan dari masyarakat memilih depot penyedia air minum isi ulang yang ada di pinggir jalan. Selain harganya yang jauh lebih murah, umumnya letaknya yang mudah dijangkau memberi popularitas air minum isi ulang tersebut . Namun ternyata, air minum isi ulang ini menyimpan bahaya untuk kesehatan. Pada dasarnya, hal ini karena proses sterilisasi peralatan air minum pada depot isi ulang, cukup rentan terhadap pencemaran bakteri.

Berikut ini beberapa bahaya air minum isi lagi yang banyak dikonsumsi :

1. Lokasi Depot Pengisian yang Terletak Di Tepi Jalan Raya

Salah satu hal yang dapat membahayakan air minum isi ulang bagi konsumennya karena lokasi depot yang ada di pinggir jalan raya. Sudah menjadi rahasia umum, jika jalan raya merupakan sumber polusi serta debu. Berbagai virus serta bakteri lain bisa mengganggu kesehatan tubuh, bahkan dapat jadi penyebab penyakit paling mematikan.

Kondisi depot yang tidak steril ini tentu saja kurang sehat. Tempat yang berdekatan dengan jalan raya akan membuat banyak bakteri masuk serta menempel pada peralatan yang digunakan oleh pemilik depot pengisian air minum tersebut .

2. Proses Pembersihan Galon yang Tidak Terstandar

Ketika akan lakukan proses isi ulang air minum, umumnya konsumen tidak mengetahui bagaimana cara pemilik depot air minum isi ulang itu membersihkan galon. Sikat yang umum dipakai untuk membersihkan galon ada di luar ruangan serta berganti-ganti dengan yang lain.

Bagaimana hal tersebut bisa membuat galon bersih dan steril dari kuman serta bakteri yang berbahaya? Hal ini malah akan membuat kuman serta bakteri menempel pada galon air minum.

3. Peralatan Pengisian Air Yang tidak Steril

Peralatan pengisian air, seperti pipa penyalur air, keran pengisian, serta tangki penampungan air, apakah pernah melihat kondisi kebersihannya? Tentu jarang sekali para konsumen dapat melihat hal tersebut . Serta hal ini tidak bisa diketahui bagaimana kondisi kebersihan peralatan tersebut .

Bahaya air minum isi ulang ini, ada pada bakteri apa saja yang nantinya akan masuk kedalam tubuh melalui air minum, yang berasal dari depot isi ulang tersebut .

4. Suplai Air Minum yang Tidak Jelas Asalnya

Apabila kita berbicara air mineral kemasan bermerek, kemungkinan akan melihat sumber air yang digunakan oleh pabrik air minum tersebut . Namun ketika air yang berasal dari depot air minum isi ulang, apa anda tahu darimana suplai air minumnya berasal?

Apakah air itu sudah benar-benar murni dan siap dikonsumsi, atau malah masih mentah serta mengandung banyak bakteri yang masih hidup, dan siap meneror keluarga anda?

Bahaya Penyakit dari Air Minum Isi Ulang

Dari keempat tanda itu, mungkin akan berpikir 2 x untuk membeli minuman isi ulang pada depot pinggir jalan. Keempat tanda itu akan membuat bakteri-bakteri berbahaya, seperti e. colii serta sallmonela. Berikut ini beberapa penyakit yang mungkin dialami apabila membeli air minum isi lagi pada depot yang tidak resmi :

Sakit perut
Disentri
Pusing
Gejala Tifus
Gejala Penyakit Kronis, seperti Hepatitis yang dapat dihantarkan lewat cairan

Tips Menghindari Bahaya Air Minum Isi Ulang

Bahaya air minum isi ulang bisa menyebabkan beberapa penyakit yang akan menghantui anda dan keluarga. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat diterapkan untuk menghindari bahaya air minum isi lagi yang tidak sehat :

Selalu beli air minum isi ulang pada depot resmi yang sudah tersertifikasi serta dapat dipertanggungjawabkan
Selalu periksa keaslian label serta segel dari merk air minum yang anda gunakan, pastikan bukan merupakan produk yang dipalsukan.
Air minum yaitu air tawar, serta segar rasanya. Jika anda merasa kalau air yang anda minum aneh, tengik dan apek, jangan diminum, serta gantilah air minum tersebut .
Jika terpaksa membeli air minum isi ulang pada depot pengisian tidak resmi, masaklah air itu sebelum anda konsumsi, karena bakteri – bakteri seperti e. colii serta salmonella akan mati pada suhu tinggi.
Itulah beberapa bahaya yang mungkin bisa ditimbulkan oleh air minum isi ulang yang berbahaya untuk kesehatan anda dan keluarga. Lebih baik membeli dengan harga yang lebih mahal sedikit, daripada murah, tapi memiliki potensi menyebarkan penyakit bukan ?

Mengapa Banyak Orang Memilih Air Minum Isi Ulang??

Air minum adalah hal yang sangat penting untuk pemenuhan keperluan nutrisi anda sehari-hari. Air minum bisa membantu menyegarkan tubuh serta memperlancar pencernaan dan metabolisme tubuh. Dianjurkan untuk minum 8 gelas air minum setiap harinya untuk metabolisme tubuh yang lebih baik, serta pencernaan yang lebih baik pula.

Saat ini telah mudah menemukan air minum dimana saja. Nyaris semua toko serta warung menyediakan jenis air minum dalam kemasan, baik dalam bentuk botol baupun gelas. Di rumahpun pasti memiliki penyimpanan air minum yang dilakukan dengan merebus dulu airnya, lalu disimpan dalam wadah penyimpanan, seperti teko, atau wadah lainnya.

Namun demikian, saat ini telah jarang sekali keluarga yang memilih cara penyimpanan air di dalam wadah ini. Karena faktor kepraktisan, banyak orang yang pilih air minum isi ulang. Tanpa harus repot memasak air, lalu memindahkan ke teko setelah dingin, baru air itu bisa diminum. Belum lagi jika kualitas air yang buruk, sehingga perlu beberapa sistem lebih lanjut agar layak diminum

sumber : sehat-barokah.com

Artikel Berbagi Berita terbaru Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top